Minggu, 02 Januari 2011

Andalah WANITA Paling Berbahagia Di DUNIA

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tetap terlantun bagi kekasih-Nya, Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarganya yang mulia, sahabatnya yang tercinta, dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.

Rasulullah saw. Bersabda,
“Dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita salehah.”

Wanita memang memiliki banyak kelebihan dalam berbagai sisi kehidupannya. Diantara sisi yang unik dari kelebihannya itu adalah kebahagiaan wanita sangat berpengaruh terhadap orang terdekat yang ada di sekitarnya. Dengan kebahagiaan, hidup seorang wanita menjadi lebih berarti di mata siapa pun. Apakah itu di mata suaminya, keluarganya, sahabatnya, atau orang lain.

Wanita diciptakan dengan tingkat kepekaan lebih tinggi dibanding kaum pria. Sedikit saja mereka terusik, maka kebahagiaannya akan goyah dan berkurang, atau akan terlepas padam begitu saja. Ternyata tidak semua wanita mampu mengelola kebahagiaannya sendiri dan mengagnggap kebahagiaan itu sebagai api lilin yang mudah padam. Jadilah laksana semut yang bersungguh-sungguh, tekun, dan bersabar. Selalu bersabar dan tidak pernah putus asa.

Karunia-karunia Allah pasti datang, walaupun terasa lama. Tapi sungguh, ia laksana kedipan mata ketika harus berkedip. Terkadang kita tidak pernah terbayang, kehidupan seperti apa dan kehidupan yang bagaimana, yang akan kita jalani kelak sampai ajal menjemput kita. Aku sendiri juga tidak pernah membayangkan dengan anugrah kehidupan yang sekarang sedang aku jalani. Tapi itulah yang dinamakan garis kehidupan, sebuah ketetapan dari Allah yang wajib kita jalani dengan ikhlas.

Kita tidak akan pernah bisa menebak Rahasia Kehidupan dari Allah yang akan dan harus kita jalani. Terkadang kita baru bisa merasakan hikmah apa dibalik setiap ujian yang kita alami setelah beberapa hari, setelah berbulan-bulan, setelah bertahun-tahun bahkan ada yang setelah berpuluh-puluh tahun. Setelah sekian puluh tahun aku juga baru mendapat jawaban kenapa Allah tidak mengabulkan permintaan-permintaanku sekian puluh tahun yang lalu. Ternyata Allah punya sejuta rencana terindah untuk hidupku dan Allah punya sejuta tahu akan kebutuhan sejatiku.

Di tengah keputusasaanku, di tengah kesabaranku, di tengah keikhlasanku dan di tengan penantian panjangku, ternyata Allah telah memberiku anugrah sebuah kehidupan yang penuh warna dan sarat makna, yang penuh pembelajaran dalam mengarungi sebuah bahtera kehidupan. Ternyata tidak berhenti sampai di sini ujian yang diberikan oleh Allah kepadaku. Pilihan hidup yang telah Allah hadiahkan kepadaku lebih menuntutku untuk bersikap bijaksana, bersabar, penuh kasih, penuh toleransi, lebih adil, lebih fleksibel dalam segala hal tapi tetap berpedoman pada aturan-aturan Allah. Memang unik kehidupan ini …

Allah senantiasa tahu kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan permintaan hambaNya dan kapan waktu yang tepat untuk tidak mengabulkan permintaan hambaNya. Allah tidak meberikan apa yang aku inginkan, tapi Allah selalu berikan apa yang aku butuhkan.

Di saat wanita menjadi kebanggaan suami, anak-anak dan keluarga, disaat itu pula kita akan menjelma menjadi wanita yang jauh lebih berharga, menjadi wanita yang lebih tangguh dan menjadi wanita yang lebih mempesona. Wanita bagaikan penghangat bagi keluarga. Ditengah kesendirian kita jadi lebih menghargai betapa pentingya arti kebersamaan di dalam keluarga.

Wanita akan menjadi orang yang paling bahagia di dunia, kalau dia bisa membahagiakan orang-orang di sekitarnya.
Lalui hari-hari anda yang baru tanpa kebosanan, kegetiran, dan keluhan. Pada saat itu anda akan dipanggil oleh penyeru keimanan, “ Andalah yang berada di atas gunung harapan dan lembah keridhaan, dan berbahagialah karena, ANDALAH WANITA PALING BAHAGIA DI DUNIA!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar