Selasa, 26 April 2011

RAHASIA Perkembangan Bayi Di Setiap Umur Kehamilan

Bagi yang sedang menantikan kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga, hari demi hari kehamilan terasa lama. Kebahagiaan, kekhawatiran dan kecemasan terkadang bercampur menjadi satu. Kepinginnya seorang ibu, bayinya segera keluar, karena penasaran seperti apa bayinya. Sebaiknya jabang bayi yang masih di dalam perut sering diajak bicara, karena komunikasi seorang ibu dengan bayinya dimasa kehamilan sangatlah bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasan janin itu sendiri. Kita selalu penasaran, apa yang terjadi dengan si jabang bayi di dalam perut. Sudah seperti apakah perkembangannya? Bagaimanakah pertumbuhannya? Berikut ini beberapa kondisi atau pertumbuhan si jabang bayi.

USIA 0-4 minggu
Pada masa ini mulai dibentuk otak. Susunan saraf tulang belakang yang sederhana dan wajah. Fetus tsb memiliki ukuran panjang sekitar 2 mm.

USIA 4-8 minggu
Pada masa ini, jantung mulai dibentuk yaitu sekitar minggu ke enam dan seluruh organ lainnya juga mulai berkembang. Bentuk tulang wajah, mata, dan warna pada mata, jari2 tangan & kaki juga mulai terbentuk.

USIA 8-12 minggu
Organ-organ terpenting bayi sekarang telah mulai terbentuk. Ukuran kepalanya lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, hal ini untuk menyesuaikan dengan pertumbuhan otaknya yg cepat. Pada tahap ini mulai terbentuk dagu, hidung dan kelopak mata. Fetus mulai mengambang dan mulai menendang-nendang dengan halus.

USIA 12-16 minggu
Pertumbuhan tangan pada bayi menjadi lebih panjang dari lengannya. Paru-paru mulai berkembang dan bunyi jantungnya dapat didengarkan dengan ultrasound. Wajahnya sudah menunjukkan ekspresi, dan alis mata serta bulu matanya juga sudah tumbuh. Dia dapat merubah posisi kepalanya serta membuka mulut. Rambut di kepalanya kasar dan warnanya sedang dalam perkembangan.

USIA 16-20 minggu
Perkembangan bayi anda sekarang sudah lebih terkoordinasi, termasuk rata-rata pertumbuhannya mulai meningkat secara perlahan. Dia sudah dapat menghisap ibu jari dan memberikan reaksi terhadap suara anda. Pucuk dari bentuk gigi permanennya terletak dibelakang gigi susu. Rasa pengecapnya mulai berkembang dan sudah dapat membedakan antara rasa manis dan pahit. Pada tahap ini juga terjadi perkembangan dari sidik jari dan pertumbuhan rambut halus (lanugo).

USIA 20-24 minggu
Tubuhnya memang masih kecil, tetapi sekarang mulai sebanding dengan kepalanya. Tulang-tulangnya sudah mulai mengeras. Organ genitalnya mulai berkembang, cuping hidungnya mulai terbuka dan mulai bernafas cepat. Dia juga mulai mempunyai pola tidur.

USIA 24-28 minggu
Bayi anda sekarang mulai mempersiapkan diri untuk dilahirkan. Lemak mulai dibentuk dibawah kulitnya, rambut dikepalanya mulai tumbuh, kelopak matanya mulai terbuka dan otaknya mulai aktif bekerja. Dia dapat mendengar lebih jelas sekarang, termasuk suara-suara dari luar ataupun dalam. Dia dapat mengenali suara anda dan denyut jantungnya menjadi lebih cepat ketika anda berbicara.

USIA 28-32 minggu
Bentuk tubuh bayi anda sekarang sudah lengkap. Dia dapat melihat cahaya melalui dinding perut anda dan berkedip. Dia bisa bergerak perlahan sesuai dengan pertambahan berat badannya. Ukuran kepalanya mulai mengecil. Kedua paru-paru belum matang, tetapi dia sudah bisa bertahan hidup bila dilahirkan.

USIA 36 minggu
Bayi anda sudah siap dilahirkan dimana dia sudah bisa bernafas sendiri, menghirup dan menelan. Rambut-rambut halusnya sudah mulai menghilang. Usus kecilnya sudah dipenuhi mekonium yang akan dikeluarkan pada hari kedua setelah melahirkan. Kepala sudah turun ke panggul dan siap dilahirkan.

Berikut Video Proses Ibu Hamil Sampai Melahirkan Bayinya.
(Silahkan Klik Di Sini)

Sumber: ratnarespati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar