74. Cermatilah perkembangan selera membaca anak Anda.
75. Anak-anak biasanya juga lebih menyukai fiksi yang imajinatif atau realistis.
76. Jika Anda mempunyai seorang anak perempuan yang suka berkhayal dan bermain dengan boneka dan mainan binatang, carilah buku-buku yang memiliki unsur-unsur imajinatif atau sihir.
77. Jika anak perempuan Anda lebih realistis dan terlibat dengan dinamika kelompok sosialnya, carilah buku-buku yang setting ceritanya terjadi pada masa kini dan menggambarkan hubungan secara lebih realistis.
78. Jika Anda mempunyai anak laki-laki yang imajinatif dan menyukai petualangan kebaikan-lawan-kejahatan, cobalah berikan cerita fantasi atau fiksi ilmiah.
79. Jika Anda mempunyai anak yang tidak melihat kegunaan fantasi, tetapi menyukai tema-tema kebaikan-lawan-kejahatan, berikanlah kisah-kisah petualangan dengan setting cerita yang realistis atau nonfiksi.
80. Buku Apapun yang alurnya melibatkan minat khusus anak Anda merupakan peluang bagus.
81. Hampir semua anak menyukai buku-buku humor.
82. Adalah penting bahwa anak-anak membaca tentang beberapa tokoh yang mereka kenali.
83. Jangan kaget bila anak-anak Anda mengubah selera membaca mereka.
84. Carilah sekolah-sekolah yang memberikan banyak pilihan bacaan kepada murid-murid mereka.
85. Carilah sekolah-sekolah yang memberikan waktu kepada anak untuk membaca di dalam kelas.
86. Carilah sekolah-sekolah yang tidak membentuk kelompok kemampuan, terutama dalam membaca.
87. Carilah sekolah-sekolah dengan perpustakaan kelas yang luas dan juga perpustakaan sekolah yang bagus yang dilengkapi staf profesional di bidang perpustakaan.
88. Carilah sekolah yang mempunyai banyak kegiatan selain olahraga.
89. Jangan menekan anak-anak Anda untuk menjadi murid yang sempurna.
90. Jangan paksa anak-anak Anda membaca buku tugas sekolah yang mereka benci.
91. Jangan berikan anak-anak bantuan berlebihan dengan laporan panjang dan rumit tentang membaca.
92. Pujilah secara terbuka guru-guru yang berupaya untuk menciptakan suasana kelas yang menyuburkan minat baca.
KIAT-KIAT UNTUK PARA REMAJA
93. Cobalah untuk meningkatkan bacaan anak remaja Anda ke bacaan karya penulis dewasa.
94. Carilah pengarang dewasa yang menulis jenis buku-buku yang disukai remaja Anda.
95. Ketika remaja mulai menyetir mobil, berikan daftar belanja yang membuat mereka harus ke toko buku atau kios majalah. Katakan bahwa Anda akan mengganti uang buku atau majalah yang mereka beli (sampai batas kemampuan anda).
96. Perhatikan jadwal anak remaja Anda.
97. Bersikap simpatilah ketika remaja sedang mengalami gejolak pasang-surut kehidupan remaja. Sediakan pula buku-buku yang memberikan pemecahan masalah yang sedang dihadapinya.
98. Jika anak Anda berolahraga, pastikan untuk berlangganan koran daerah yang berisi liputan olahraga.
AKHIRNYA
99. Milikilah suatu perspektif. Ketrampilan tinggi (keprigelan) membaca memang harus menjadi tujuan terpenting pendidikan Anda, tetapi bukan tujuan terpenting kehidupan bagi anak-anak Anda.
”Membaca memperkaya hidup kita.”
”... orang yang tidak gemar membaca hampir kehilangan segalanya.”
”Membesarkan anak tanpa mengenalkan buku kepadanya adalah suatu kehampaan...
Bila kita ingin anak-anak kita mencintai aktivitas membaca, kita harus berupaya
keras menciptakan aktivitas membaca itu sedini mungkin.”
Dikutip Dari Buku 99 Cara Menjadikan Anak Anda ”KERANJINGAN”Membaca
~Mary Leonhardt~
75. Anak-anak biasanya juga lebih menyukai fiksi yang imajinatif atau realistis.
76. Jika Anda mempunyai seorang anak perempuan yang suka berkhayal dan bermain dengan boneka dan mainan binatang, carilah buku-buku yang memiliki unsur-unsur imajinatif atau sihir.
77. Jika anak perempuan Anda lebih realistis dan terlibat dengan dinamika kelompok sosialnya, carilah buku-buku yang setting ceritanya terjadi pada masa kini dan menggambarkan hubungan secara lebih realistis.
78. Jika Anda mempunyai anak laki-laki yang imajinatif dan menyukai petualangan kebaikan-lawan-kejahatan, cobalah berikan cerita fantasi atau fiksi ilmiah.
79. Jika Anda mempunyai anak yang tidak melihat kegunaan fantasi, tetapi menyukai tema-tema kebaikan-lawan-kejahatan, berikanlah kisah-kisah petualangan dengan setting cerita yang realistis atau nonfiksi.
80. Buku Apapun yang alurnya melibatkan minat khusus anak Anda merupakan peluang bagus.
81. Hampir semua anak menyukai buku-buku humor.
82. Adalah penting bahwa anak-anak membaca tentang beberapa tokoh yang mereka kenali.
83. Jangan kaget bila anak-anak Anda mengubah selera membaca mereka.
84. Carilah sekolah-sekolah yang memberikan banyak pilihan bacaan kepada murid-murid mereka.
85. Carilah sekolah-sekolah yang memberikan waktu kepada anak untuk membaca di dalam kelas.
86. Carilah sekolah-sekolah yang tidak membentuk kelompok kemampuan, terutama dalam membaca.
87. Carilah sekolah-sekolah dengan perpustakaan kelas yang luas dan juga perpustakaan sekolah yang bagus yang dilengkapi staf profesional di bidang perpustakaan.
88. Carilah sekolah yang mempunyai banyak kegiatan selain olahraga.
89. Jangan menekan anak-anak Anda untuk menjadi murid yang sempurna.
90. Jangan paksa anak-anak Anda membaca buku tugas sekolah yang mereka benci.
91. Jangan berikan anak-anak bantuan berlebihan dengan laporan panjang dan rumit tentang membaca.
92. Pujilah secara terbuka guru-guru yang berupaya untuk menciptakan suasana kelas yang menyuburkan minat baca.
KIAT-KIAT UNTUK PARA REMAJA
93. Cobalah untuk meningkatkan bacaan anak remaja Anda ke bacaan karya penulis dewasa.
94. Carilah pengarang dewasa yang menulis jenis buku-buku yang disukai remaja Anda.
95. Ketika remaja mulai menyetir mobil, berikan daftar belanja yang membuat mereka harus ke toko buku atau kios majalah. Katakan bahwa Anda akan mengganti uang buku atau majalah yang mereka beli (sampai batas kemampuan anda).
96. Perhatikan jadwal anak remaja Anda.
97. Bersikap simpatilah ketika remaja sedang mengalami gejolak pasang-surut kehidupan remaja. Sediakan pula buku-buku yang memberikan pemecahan masalah yang sedang dihadapinya.
98. Jika anak Anda berolahraga, pastikan untuk berlangganan koran daerah yang berisi liputan olahraga.
AKHIRNYA
99. Milikilah suatu perspektif. Ketrampilan tinggi (keprigelan) membaca memang harus menjadi tujuan terpenting pendidikan Anda, tetapi bukan tujuan terpenting kehidupan bagi anak-anak Anda.
”Membaca memperkaya hidup kita.”
”... orang yang tidak gemar membaca hampir kehilangan segalanya.”
”Membesarkan anak tanpa mengenalkan buku kepadanya adalah suatu kehampaan...
Bila kita ingin anak-anak kita mencintai aktivitas membaca, kita harus berupaya
keras menciptakan aktivitas membaca itu sedini mungkin.”
Dikutip Dari Buku 99 Cara Menjadikan Anak Anda ”KERANJINGAN”Membaca
~Mary Leonhardt~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar