Senin, 21 Juni 2010

Tips MENCARI SEKOLAH Anak

Tidak terasa sebentar lagi akan menghadapi tahun ajaran baru. Bagi orang tua yang akan mencarikan sekolah untuk putra/putrinya, tentu saat ini merupakan waktu yang sangat membingungkan dan melelahkan, baik lelah fisik, pikiran maupun keuangan. Terkadang dengan kondisi yang demikian, para orang tua cenderung kurang bisa berpikir secara realistis. Perolehan nilai yang terkadang jauh dari harapan orang tua, juga bisa menjadi pemicu bagi orang tua untuk kurang bisa berpikir secara rasional.

Semua orang tua pasti menginginkan sekolah yang terbaik untuk putra/putrinya . Disaat seperti ini para orang tua dituntut untuk bisa berpikir lebih bijaksana dan cerdas dalam memilih serta memilah sekolah mana yang tepat dan sesuai dengan kondisi si anak.

Menurut psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana K. Hadiwidjojo, Psi., ada dua faktor terpenting yang harus diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah bagi anaknya, yaitu kondisi dan kebutuhan anak.

Berikut Tips dan Trik dalam memilih sekolah yang terbaik untuk putra/putri bapak/ibu yang saya kutip dari beritaterkinionline :

1. Cari Informasi Sekolah.
Dengan mendatangi “calon” sekolah , kita mengetahui apa visi dan misi serta program apa saja yang ditawarkan sekolah. Paling tidak akan lebih memastikan bahwa sekolah tersebut memiliki visi dan misi yang sama atau mendekati visi dan misi keluarga Anda.

2. Libatkan Anak.
Harus kita sadari bahwa anaklah yang akan bersekolah. Jadi anak perlu diajak diskusi dalam menentukan pilihan. Tetapi tetap dalam pengarahan orang tua. Jika anak seusia KB/TK cukup diberikan pengenalan dengan mendatangi sekolah yang menjadi pilihan. Lihat bagaimana animo dan ekspresi mereka.

3. Para Pengajar.
Pengajar/Guru juga menjadi pertimbangan utama dalam memilih sekolah. Dari percakapan dengan pihak sekolah bisa kita amati bagaimana cara mereka melayani pertanyaan Anda. Dan perhatikan juga pada saat mereka mengajar dan berinteraksi dengan murid-murid. Hal ini sangat diperlukan terutama bagi anak seusia KB/TK.

4. Referensi.
Bisa kita dapat dari saudara/teman/tetangga yang kebetulan putra/putri mereka ada/pernah bersekolah di sana.

5. Jarak dan Transportasi.
Ini harus kita pertimbangkan apakah jarak antara rumah dengan sekolah cukup dekat atau jauh. Jika menggunakan transportasi umum, apakah mudah atau sulit. Karena jarak yang jauh dapat menguras energi anak sehingga mereka akan kecapaian akibatnya tidak dapat berkonsentrasi dengan baik.

6.Biaya Sekolah.
Kita harus jeli menghitung antara kemampuan keuangan kita dengan biaya sekolah anak. Kita tidak perlu memaksakan diri. Kita harus membuat perencanaan yang matang sebelum memutuskan akan memilih sekolah yang mana. Syukur-syukur kita bisa menemukan sekolah yang berkualitas dengan biaya yang relatif murah…amin.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi para orang tua sebelum melangkah dan menentukan sekolah mana yang paling tepat untuk putra/putrinya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak.

Saya ucapkan selamat bagi adik-adik yang telah memperoleh nilai yang memuaskan dan bagi adik-adik yang belum bisa memperoleh nilai yang bagus, teruslah belajar dan berjuang untuk meraihnya. Perjalanan kalian masih panjang untuk manggapai masa depan yang gemilang dan teruslah berprestasi. Semangaaat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar