Selasa, 22 Juni 2010

Tumor Jinak Payudara (FAM = Fibroadenomamammae)

Payudara adalah satu bagian tubuh yang sangat dibanggakan wanita. Jika bagian ini terserang penyakit, perempuan bisa panik dan kondisi psikologisnya terganggu. Benjolan atau tumor pada payudara tak semuanya ganas (kanker). Umumnya tumor pada payudara adalah tumor jinak akibat infeksi atau kelainan pertumbuhan. Sel tumor jinak bertumbuh lambat dan tidak menyebar ke bagian lain.

Pertumbuhan FAM umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya ukuran dan tempat pertumbuhannya saja yang dapat menyebabkan nyeri. Setiap kelainan di payudara baik benjolan, kelainan kulit, kelainan yang tak normal di payudara sebaiknya diperiksakan. Kalau usianya masih muda dan bisa digerakkan ke kanan dan kekiri kemudian permukaannya licin, berarti jinak. Tapi kalau usianya tua dengan benjolan keras dan batasannya tidak tegas serta permukaan kasar, kemungkinan besar itu tumor ganas. Tanda yang memperjelas bahwa itu adalah tumor ganas adalah bentuk ukuran dan berat dari salah satu payudara berubah, keluar darah, nanah atau cairan encer dari puting susu.

Setelah membaca tulisan dr. Asrul Sani tentang Tumor FAM, saya jadi terinspirasi untuk berbagi sedikit pengetahuan yang saya punya. Berikut sekilas info tentang Tumor FAM :

Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun. Yang perlu diperhatikan adalah jika ada benjolan jangan langsung berpikiran yang seram – seram apalagi langsung memvonis benjolan itu kanker, selalu untuk berpikir positif.

Sifat benjolan pada tumor jinak payudara (FAM) adalah :
Biasanya berbentuk bulat menyerupai kelereng, jika bentuk tidak beraturan maka dicurigai tumor ganas, konsistensi (kekerasan pada benjolan) kenyal seperti bakso karena berisi lemak, jadi jika benjolan di tekan maka lembeknya seperti kita menekan bakso, jika keras seperti batu di curigai tumor ganas.

Benjolan bersifat mobile, artinya benjolan itu dengan mudah kita gerakkan (tidak menempel dengan kuat), jika benjolan itu tidak mobile (sulit digerakkan) dicurigai benjolan itu bersifat ganas karena biasanya benjolan itu sudah berakar ke dalam jaringan payudara.

Benjolan dapat muncul di seluruh payudara namun lebih sering pada 1/3 bagian luar atas jaringan payudara atau dekat ketiak, dan di sekitar puting susu. Sel tumor tidak menyebar atau tidak berpindah ke bagian lain pada tubuh manusia.

Terapi tumor jinak payudara: operasi berupa pengangkatan tumor, biasanya operasi tidak meninggalkan bekas, sehingga payudara tampak seolah – olah tidak pernah menjalani operasi. Setelah menjalani operasi dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, makan buah yang banyak mengandung vitamin C dan E, atau dapat makan suplemen Spirulina. Perbanyak makan sayur – sayuran hijau.








5 komentar:

  1. makasii mba...
    kebetulan saya baru divonis kena FAM kemarin siang oleh dokter spesialis dalam di bandung...
    saya sempet kaget dan takutt...

    tapi setelah memebaca artikel mba ini, saya jd mendapat support...

    insyaallah pengangkatan tumornya 2 minggu lagi..
    minta doanya ya mba...

    :))

    BalasHapus
  2. Terima kasih mbak sudah berkenan membaca artikel saya, semoga artikel ini juga bermanfaat untuk pengunjung yang lainnya. Gak usah terlalu khawatir mbak, FAM bukan penyakit membahayakan kok, saya do'akan semoga proses pengangkatan tumornya berjalan lancar ya, dokter kan hanya perantara, kesembuhan tetap dari Allah dan semangat mbak utk sembuh akan sangat bermanfaat utk proses kesembuhan.

    BalasHapus
  3. satu bulan lalu saya divonis fam,, ada dua.. 0,4 dan 0,6 cm... mau diangkat tapi takut banget,, T-T

    saya juga di bandung,, bagusnya berobatnya dimana ya? dari kmrn ke RSHS kontrolnya...

    BalasHapus
  4. Sebaiknya segera diambil aja, gak usah takut kan cuman operasi kecil dan gak sakit kok ntar dibius. Di rumah sakit mana aja kayaknya baik mbak, masalahnya saya sendiri kurang begitu paham info rumah sakit di Bandung karena posisi saya bertempat tinggal di Depok. Coba cari info di rumah sakit umum yang terdekat dengan tempat tinggal mbak. Semoga cepat sembuh dan operasinya berjalan lancar ya mbak. Sory baru sempat balas....

    BalasHapus
  5. terima kasih ya atas infonya. semoga saja saya tdak terkena tumur ganasnya, karena kemarin dokter memvonisnya fam. tapi semoga semua sehat..trima kasih

    BalasHapus